Selasa, 14 Maret 2023

Bupati Jombang Rencanakan Relokasi Pedagang Pasar Legi

Membutuhkan Anggaran Besar, Lobi Kemenperin 

JOMBANG, KABARJATIM.CO.ID - Bupati Jombang, Jatim, Nyai Hj Mundjidah Wahab menaruh perhatian serius terkait kondisi Pasar Legi, Jombang, yang dinilai sudah tidak layak. Mundjidah mengatakan, untuk membenahi Pasar Legi perlu dicarikan lahan baru yang lebih luas agar bisa menampung seluruh pedagang. Karena itu, pihaknya mengaku sudah menyiapkan lahan baru yang nantinya dibangun untuk memindahkan para pedagang yang saat ini menempati sepanjang bahu jalan yang dilalui kendaraan bermotor. 

"Masalah Pasar Legi memang sudah lama kita rencanakan relokasi. Kita sudah siapkan lahan baru yang nanti dibangun untuk menampung seluruh pedagang. Kalau kita perhatikan jam 3 petang pedagang sudah mulai berdatangan menempati di pinggir-pinggir jalan, sehingga arus kendaraan jadi terganggu. Kasihan sama pedagangnya, belum lagi kalau hujan. Jalanannya juga macet," kata Mundjidah saat memberikan sambutan dalam acara Forum Musrenbang di Aula Pendopo, Alun-alun Jombang yang dihadri para tamu pejabat, baru-baru ini. 

Hanya saja, lanjut orang nomor satu di Kota Santri Jombang ini, untuk memindahkan seluruh pedagang tidak mudah, karena membutuhkan perencanaan yang matang, terutama dari segi anggaran yang cukup besar. 

"Untuk merelokasi Pasar Legi butuh perencanaan yang matang, terutama menyangkut anggaran yang cukup besar. Kita butuh dukungan DPRD serta stakeholder lainnya," kata Mundjidah lagi. 

Untuk mewujudkan pembangunan Pasar Legi yang lebih representatif, lanjut keluarga besar pendiri Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang ini, pihaknya akan melobi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Pusat guna mendapatkan bantuan anggaran, selain itu juga dukungan dari Pemprov Jatim. 

"Untuk membangun pasar legi memang butuh anggaran yang besar, karena itu nanti saya akan lobi ke Kementerian Perindustrian agar mendapat bantuan anggaran," tutupnya. (*) 

Reporter : Agus Pamuji 

Foto        : Agus Pamuji 

Teks Foto : Para pedagang Pasar Legi, yang menempati lapak-lapak di bahu jalan. Di jam-jam tertentu 

                  kendaraan yang melewati Jalan Seroja ini jadi macet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya