Senin, 06 Februari 2023

Jutaan Massa NU Bakal Banjiri Harlah 1 Abad NU 7 Februari di Delta Sidoarjo

PCNU Jombang Berangkatkan 7 Ribu Peserta 

Pengajian yang digelar MWC NU Jombang
JOMBANG, KABARJATIM.CO.ID - Majelis Wilayah Cabang NU Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang kembali menggelar istighotsah dan pengajian umum rutinan Ahad Pahing setiap bulan sekali secara bergiliran dari masjid ke masjid. Kali ini digelar di Masjid Al Irsyad, Dusun Gempol Pahit, Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jatim, Minggu (5/2/2023). 

Sedikitnya 150 orang jamaah NU hadir di acara tersebut, di antaranya sederet tokoh ulama NU yakni Ketua MWC NU Kecamatan Jombang H Asyharun Nur, Direktur Klinik NU Tambak Beras Jombang Ust Subagyo yang juga selaku Bendara MWCNU Kecamatan Jombang, pengurus Ranting NU se-Kecamatan Jombang, Banser, Ansor, Pagar Nusa, Muslimat, perangkat desa setempat serta Mursyid Thoreqot Jombang KH Taufiqurroman selaku pengasuh Ponpes Walisongo Jombang. 

Sebelum ceramah agama dimulai terlebih dahulu seluruh peserta yang hadir membaca tawasul, istighotsah, tahlil dan doa. Ketua MWCNU Kecamatan Jombang Asyharun Nur dalam sambutannya, pihaknya menyampaikan tentang perjalanan sejarah berdirinya Jam'iyyah NU di tanah air sebelum perang kemerdekaan hingga saat ini jumlah anggotanya mencapai puluhan juta orang. 

"NU didirikan oleh para tokoh ulama sebelum kemerdekaan. Ada KH Hasyim Asy'ari, KH Wahab Hasbullah, KH Bisri Syansuri serta tokoh-tokoh ulama kunci lainnya. "Kepengurusan NU juga sampai di luar negeri, seperti di Asia Tenggara, Asean, Eropa dan Timur Tengah. Mereka adalah tokoh hebat NU yang berhasil. Sampai sekarang organisasi Islam Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) An Nahdliyah (NU) terbesar di Indonesia yang pernah mereka pimpin sampai sekarang ini tetap harum dan lestari," kata Asyharun. 

Selain bicara sejarah berdirinya NU, Asyharun juga mengulas arti logo, lambang dan filosofi organisasi NU. Sementara itu, Bendahara MWC NU Jombang Kota Ust Subagyo menyampaikan persiapan Harlah 1 Abad NU yang diperkirakan dihadiri jutaan umat muslim yang datang dari penjuruh tanah air. 

"Yang datang bukan ratusan ribu orang, tapi bisa sampai jutaan umat Muslim. Para tokoh ulama penting dari PBNU, para habaib, pejabat negara, provinsi, kabupaten/kota, duta besar negara-negara sahabat serta pengurus NU luar negeri akan hadir. Dan dijadwalkan harlah 1 abad NU ini dihadiri Bapak Presiden RI Jokowi," terang Subagyo selaku Koordinator Pengerahan Massa NU Wilayah Kecamatan Jombang. 

Untuk Wilayah Kecamatan Jombang sendiri, sebut Subagyo, jumlah massa NU yang diberangkatan sekitar 800 orang, terdiri pengurus NU kecamatan, ranting-ranting, Banser, Ansor, Pagar Nusa, Muslimat NU dan badan otonomi (banom) NU lainnya. Berdasarkan data yang diterima wartawan media ini, untuk massa NU yang hadir ke Stadion Delta Sidoarjo dari Kabupaten Jombang sekitar 7 ribu orang. Pihaknya meminta perhatian kepada massa NU yang akan hadir di Harlah 1 Abad NU Sidoarjo nanti agar menyiapkan diri secara matang, karena keberangkatannya akan dilepas oleh Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab di Pendopo Alunalun Jombang. 

"Untuk peserta dari MWCNU Jombang Kota titik kumpulnya di Alunalun malam hari. Rencananya ibu bupati yang melepas disaksikan pejabat Forkopimda. Dan selama perjalanan akan dikawal mobil patroli dari Polres Jombang," jelas Bagyo. 

Pihaknya menambahkan, terkait informasi momentum Harlah 1 Abad NU ini agar para peserta yang akan hadir bisa berkoordinasi dengan Ketua MWC NU Kecamatan Jombang H Asyharun. 

"Informasi apa saja yang dibutuhkan terkait harlah 1 abad NU bisa langsung ke Pak Asyharun. Kita sudah putuskan informasi apa saja yang dibutuhkan mengenai harlah NU ke Pak Asyharun saja," tegasnya. Acara rutinan ini ditutup dengan siraman rohani oleh KH Taufiqurrohman tentang pahala puasa sunah bulan Rajab sebelum memasuki bulan suci Ramadan serta penyerahan bantuan sosial kepada warga yang tidak mampu. (*) 

Reporter : Agus Pamuji 

Foto : Agus Pamuj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya