Senin, 17 April 2023

Bupati Jombang Pimpin Upacara Operasi Ketupat Semeru 2023

Polres Jombang Turunkan 310 Personel Gabungan untuk Pengamanan Lebaran

JOMBANG, KABARJATIM.CO.ID - Polres Jombang, Jatim, bersama dengan stakeholder terkait menggelar apel pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023. Apel gelar pasukan ini berlangsung di Lapangan Mapolres setempat, Senin, (17/4/2023) pagi. Apel ini sebagai kesiapan menghadapi angkutan arus mudik dan balik Lebaran 2023. 

Apel gelar pasukan dipimpin Bupati Jombang, Nyai Hj Mundjidah Wahab didampingi Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat dan Dandim 0841 Jombang Letkol Inf. Muhammad Hanafi. Tak hanya itu, sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama maupun Ormas juga mengikuti kegiatan rutin ini. Mundjidah mengatakan, apel Operasi Ketupat Semeru 2023 ini untuk mengecek kesiagaan pasukan dalam mengamankan mudik lebaran dan menciptakan suasana yang kondusif di wilayah Kabupaten Jombang. 

"Untuk memastikan dari TNI, Polri, dan pemerintah daerah telah siap melakukan pengamanan sejumlah lokasi di wilayah Jombang," ungkap Bupati Mundjidah. Ia menambahkan peran kepala desa juga sangat penting untuk menginformasikan pada warganya, agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan mengecek keamanan lingkungan sebelum mudik. 

"Kita kerja sama dengan kepala desa, untuk memberikan informasi agar warganya yang meninggalkan rumah saat mudik maupun silaturahmi, harus benar-benar dijaga keamanannya. Jangan sampai ada listrik yang masih menyala, agar tidak membahayakan," jelasnya. 

Selain itu, bupati mengimbau masyarakat yang hendak mudik agar mempersiapkan kendaraannya dan selalu berhati-hati di jalan raya. Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat menjelaskan, dalam apel Operasi Ketupat Semeru 2023 ini, terdapat ratusan personel yang disiagakan. 

"Untuk jumlah personel yang kita terjunkan sebanyak 310 dari internal (Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub), serta 80 dari unsur eksternal," ujar Nurhidayat. Unsur eksternal yang dilibatkan meliputi ormas keagamaan maupun relawan. Bahkan pengamanan itu juga melibatkan ormas Banser dan Senkom Mitra Polri. Lebih lanjut Nurhidayat menjelaskan, dalam apel ini ada beberapa titik yang menjadi prioritas untuk dijaga petugas dari personel gabungan selama arus mudik Lebaran. 

 "Kami menyiagakannya dengan mendirikan enam titik pos terdiri dari 2 Pos Pelayanan dan 4 Pos Pengamanan. Pos Pelayanan berada di Simpang 4 KH. Wahid Hasyim dan SPBU Bandar Kedungmulyo sedangkan pos pengamanan berada Simpang 3 Mojotrisno Mojoagung, Exit Tol Tembelang, Rest Area 678 A dan 678 B," pungkas AKBP Nurhidayat. (*/adv) 

 Reporter : Agus Pamuji 

Foto         : Istimewa 

Teks foto : Bupati Jombang Hj Mundjidah memimpin upacara Apel Gelar Pasukan Ketupat Semeru 2023 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya