Rabu, 22 Februari 2023

Tingginya Angka Lakalantas, Wakapolres Jombang Imbau Lebih Berhati-hati

Saat Berkendaraan Berpikirlah Selamat, Bukan Cepat Sampai

JOMBANG, KABARJATIM.CO.ID - Pelaksanaan apel pagi merupakan sarana untuk mengetahui informasi terbaru tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang terjadi. Selain sebagai sarana bertukar informasi pelaksanaan apel juga sebagai fungsi kontrol pimpinan terhadap bawahannya atas pelaksanaan tugas yang diemban. Karena itu, arahan Wakapolres Jombang Kompol Hari Kurniawan SH MH saat memimpin apel pagi, Selasa (21/2/2023) yang diikuti  pejabat utama, perwira staf, brigadir maupun ASN Polres Jombang antara lain ketidakdisiplinan dan ketidakpatuhan para pengguna jalan raya tentang rambu-rambu lalu lintas sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya. 

"Seringnya para pengendara yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas (lakalantas) baik sebagai korban maupun tersangka, diakibatkan karena tidak disiplinnya pada saat mengendarai kendaraan dan tidak menghargai pengguna jalan lain," ujar Kompol Hari. 

Menurutnya, mengemudi yang benar itu diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada Pasal 90 Ayat (3) disebutkan bahwa pengemudi kendaraan bermotor umum wajib istirahat selama setengah jam setelah berkendara selama empat jam berturut-turut. 

"Ketika melakukan perjalanan jauh dengan mobil jangan berpikir untuk cepat sampai. Itu salah, kita harus berpikir selamat, bukan cepat sampai. Sepanjang perjalanan harus bisa menikmati proses berkendaranya," paparnya. 

Pada kesempatan berbeda, Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat berpesan agar menghindari rasa kantuk dan lelah, karena bisa mengganggu konsentrasi pengemudi saat di perjalanan. 

"Kalau anda sudah merasa ngantuk segeralah cari tempat peristirahatan atau pos polisi terdekat," pesannya. 

Itu sebabnya, kata Kapolres Jombang, diharuskan setiap melakukan jalan jauh dengan mobil pribadi, wajib istirahat setiap empat jam sekali. Meluangkan waktu 30 menit setelah berkendara selama empat jam agar stamina tetap terjaga hingga sampai di tujuan. "Gunakan waktu beristirahat dengan seefisien mungkin terutama perjalanan di jalan tol," pungkas alumni Akpol 2002 ini. (*) 

reporter    : Agus Pamuji 

foto          : Istimewa

teks foto  :   Pelaksanaan apel pagi yang digelar di Mapolres Jombang diikuti  seluruh

                  personel Polres

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya