Selasa, 07 Maret 2023

Event Kenduren di Wonosalam Kondusif

Kapolres Jombang Apresiasi Kesigapan Aparat Keamanan 

JOMBANG, KABARJATIM.CO.ID - Acara sedekah Kenduri Durian (Kendurian) tahunan di Wonosalam berlangsung meriah. Ribuan warga tumplek blek di acara yang dihadiri Bupati Jombang, Jatim, Nyai Hj Mundjidah Wahab bersama pejabat Forkopimda Jombang serta kepala OPD, Minggu (5/3/2023). 

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengatakan, acara tersebut berlangsung tertib, aman dan kondusif. Pihaknya bersama Forkopimda lainnya turut menyaksikan langsung jalannya Kenduren ini. "Kenduren Wonosalam itu dimaksudkan sebagai bentuk syukur dan sukacita warga di lereng Gunung Anjasmoro atas hasil panen buah durian mereka yang melimpah. Event itu diselenggarakan setiap tahun," katanya. 

Pantauan di lapangan ribuan orang dari Jombang dan daerah lain hadir di sana. Mereka berebut 2.023 buah durian yang dibagikan secara gratis oleh panitia setempat. Durian yang dibagikan itu sebelumnya disusun rapi membentuk gunungan ditempatkan di tengah lapangan Kecamatan Wonosalam. 

"Kami mengapresiasi acara seperti ini yang bisa jadi ikon Jombang dan Jatim," ujar Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat. 

Lebih jauh kata dia, tumpeng durian berukuran raksasa, ada 9 tumpeng durian bercampur hasil bumi yang diarak ke lokasi acara. Sembilan tumpeng durian itu dibuat oleh 9 desa yang ada di Kecamatan Wonosalam. Setelah terkumpul di lapangan Wonosalam, tumpeng-tumpeng durian tersebut kemudian diperebutkan oleh ribuan pengunjung yang hadir. Meski pengunjung saling berebut durian, namun semua berjalan dengan aman dan tertib. Panitia mengambil satu persatu buah durian di dalam gunungan dan diberikan kepada pengunjung. "Alhamdulillah acara KenDuren di Wonosalam berjalan lancar, aman dan tertib sesuai dengan harapan," jelasnya. Kapolres menambahkan, lancarnya pesta durian KenDuren tidak lepas dari kesadaran masyarakat yang turut menjaga Kamtibmas. Selain itu juga kesigapan personel Polri, TNI dan stakeholder terkait dalam mengamankan acara tersebut. (*) 

Reporter    : Agus Pamuji 

Foto          : Istimewa 

Teks Foto : Pesta tahunan kenduri duren di Wonosalam yang dihadiri ribuan warga Jombang dan luar Jombang yang ingin berebut durian jumbo yang disusun dalam bentuk gununga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya