Selasa, 07 Maret 2023

Gubernur Jatim dan Bupati Jombang Resmikan Pasar Perak

Bantuan Provinsi, Habiskan Dana Rp 13 Miliar

JOMBANG, KABARJATIM.CO.ID - Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Jombang, Jatim, Nyai Hj Mundjidah Wahab bersama sejumlah pejabat eselon terkait menghadiri peresmian pasar baru, Pasar Perak, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Minggu (5/3/2023) sore. 

Tiba di lokasi acara, orang penting pertama di Jatim dan Jombang ini disambut gemuruh sholawat nabi yang dihadiri ratusan warga pedagang pasar, pejabat Forkopimda, camat, kades, BPD, perbankan Muslimat NU dan tokoh agama. Peresmian Pasar Perak ini ditandai pengguntingan bunga melati yang dilakukan Gubernur Khofifah didampingi Bupati Mundjidah dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. 

Usai pengguntingan pita, Khofifah bersama Mundjidah meninjau ke dalam bangunan petak-petak pasar. Khofifah mengaku sangat bersyukur dan senang sekali bisa meninjau langsung bangun pasar ini. Pihaknya berharap Pasar Perak yang mempunyai tata ruang baik dan bersih menjadi pasar yang representatif, menjadi pasar percontohan di Jombang sebagai pusat perdagangan yang dapat dijangkau masyarakat Perak. 

“Pasar Perak ini jadi pasar percontohan untuk mengangkat perekonomian, sebagai motor penggerak ekonomi tingkat desa dan kecamatan," kata Khofifah yang dikerumuni ibu-ibu pedagang ingin berjabat tangan. 

Perempuan pertama sebagai Gubernur Jatim ini mengatakan, pasar yang nyaman dan bersih bukan hanya untuk pedagangnya, melainkan juga pembelinya sehingga mendatangkan manfaat yang melimpah dan barokah. 

"Semoga pasar Perak ini membawa manfaat yang banyak dan membawa keberkahan," kata Khofifah yang diamini ibu-ibu dan tamu undangan yang hadir. Bupati Mundjidah juga tampak senang diresmikannya Pasar Perak ini untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat Perak dan sekitarnya. 

Selain Pasar Perak, juga ada Pasar Pon dan Pasar Tunggorono yang belum lama ini diresmikan bupati. "Alhamdulillah, Pasar Perak ini sudah selesai dibangun. Harapan saya, mudah-mudahan puasa Ramadan sudah bisa difungsikan dengan baik. Pedagangnya bisa berjualan, semoga ramai banyak pembelinya," harap Mundjidah. 

Untuk diketahui, Pasar Perak yang lokasinya di jalur jalan raya propinsi dibangun dua tahap, Tahun 2021 dan Tahun 2022 dengan menyerap anggaran dana bantuan khusus (BK) Provinsi Jatim sebesar Rp 13 miliar. Tahun 2021 dikucurkan menyerap dana Rp 7,2 miliar, kemudian Rp 5,8 miliar Tahun 2022. Pasar Perak ini luas tanahnya 5.380 meter persegi, yang dapat menampung pedagang sekitar 600 orang. Dalam perencanaannya, Pasar Perak dibangun dua lantai, terdiri petak untuk pedagang pakaian, sayur mayur, ikan dan lainnya. 

Selain itu, Pasar Perak ini terdapat halaman parkir kendaraan sekira 13 meter, toilet umum serta fasilitas lainnya. Dipastikan para pedagang lama yang sudah mengantongi sertifikat resmi dapat melakukan aktivitas perdagangan. (advertorial) 

Reporter : Agus Pamuji 

Foto         : Agus Pamuji 

Teks Foto : Gubernur Jatim Khofifah bersama Bupati Jombang Mundjidah yang didampingi sejumlah pejabat terkait menggunting pita melati menandai diresmikannya pasar baru, Pasar Perak, Jombang disaksikan masyarakat yang hadir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya