Senin, 03 Juli 2023

Peserta PTN dan Umum Ikuti Diklat Paralegal LPBNU Jombang

10 Pakar Hukum Jadi Pembicara, Paralegal Siap Terjun ke Lapangan

JOMBANG, KABARJATIM.CO.ID - Pendidikan dan Pelatihan Paralegal ke-2 yang diselenggarakan Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBNU) Kabupaten Jombang, Jatim, selama dua hari, Jumat 30 Juni - Sabtu 1 Juli 2023 berlangsung lancar dan sukses. Sedikitnya 75 peserta dari tiga perguruan tinggi negeri (PTN) yaitu Kabupaten Nganjuk, Kediri dan Tulungagung serta umum Jombang turut hadir mengikuti pembekalan paralegal yang disampaikan oleh para pemateri dari kalangan advokat dan pengacara yang tergabung dalam organisasi LPBHNU Kabupaten Jombang yang diketuai Subagiyo KS, SH dan Sekretaris H Abd Basit Misbachul Fitri SHI MHI. 

Diklat paralegal ini dipusatkan di kampus modern Pesantren Teknologi Informasi dan Komunikasi (Petik) Ploso Geneng, Kabupaten Jombang. Suasana di lingkungan kampus yang sangat asri, sejuk dan nyaman ini tentu saja membuat para peserta merasa betah, seolah ingin berlama-lama di kampus milik perusahaan plat merah yang dilengkapi fasilitas AC, tempat ibadah, ruang makan, sarana olahraga, ruang relaksasi, toilet yang bersih, apa lagi lokasinya dekat hamparan persawahan yang jauh dari hiruk pikuknya pusat kota. 

Agus Pamuji
"Alhamdulillah, kita wajib bersyukur kepada ALLAH SWT, diklat paralegal ini berjalan sukses. Kami perhatikan semua pesertanya sangat antusias mengikuti sampai selesai. Kami sampaikan juga ucapan banyak terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pihak pengelola kampus Petik yang sudah menyediakan tempat ini secara cuma-cuma. Semoga ALLAH SWT membalas dengan pahala yang setimpal," kata Ketua LPBHNU Kabupaten Jombang, Subagiyo KS, SH yang didampingi Sekretaris Abdul Basit saat membuka resmi acara yang dihadiri Ulama NU Jombang KH Asyharun Nur, pengurus Ranting NU Ploso Geneng, pengurus Muslimat NU dan Banom NU. 

Lebih lanjut aktivis NU tulen ini mengatakan, diklat ini menjadi sangat penting sekali, karena sifatnya khusus diberikan kepada para peserta yang berkecimpung langsung di dunia hukum. Apa saja problem yang dihadapi masyarakat yang berkaitan dengan aspek hukum, maka para peserta yang sudah mendapat pembekalan dari instrukturnya diharapkan nanti harus mampu dan bisa membantu pendampingan kepada masyarakat saat di lapangan. 

Subagiyo juga menegaskan, berkaitan dengan lembaga yang dipimpinnya bersama pengurus lainnya dalam penyelenggaraan Diklat Paralegal ini memiliki badan hukum yang disahkan oleh Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkum dan Ham) Pemerintah Pusat yang bersifat independen dan mandiri. Karena itu, seluruh peserta begitu selesai diklat ketika nanti terjun langsung ke masyarakat akan dibekali kartu tanda anggota, sertifikat, SK dan surat tugas sebagai paralegal resmi yang bernaung di LPBHNU Jombang. 

Sementara itu, dari sejumlah narasumber yang sudah malang melintang di dunia hukum secara bergantian memberikan materi kuliah tentang hukum baik pidana, perdata, tata negara, adat serta hukum syariat Islam kepada para peserta. Dari narasumber yang diundang oleh Steering Comitee LPBHNU yaitu KH Amirul Arifin, Palupi Puspo Rini, SH, MH, Malik Mahardika, SH, MH, Ust Suharno, SH, Iwan Wahyu Pujianto, SH, MH, Ust M Syaifuddin Dardiri, SH, MH, Ust HM Syaifullah, SH, Ust H Suparno, SH, Ust Syharuddin, SH. Selain para pakar hukum, SC LPBHNU juga mengundang dua pembicara dari tokoh pers daerah, yaitu Agus Pamuji yang sudah berpengalaman banyak di dunia kewartawanan. Agus Pamuji yang akrab disapa Wak Goes alias Semut Ireng ini kebagian materi "Peran Jurnalis dalam Mengungkap Perkara Hukum", kemudian satu lagi wartawan senior TV9 Akh Kamaluddin, SAg tentang "Bijaksana dalam Bermedsos (UU ITE)". 

Selama penyampaian materi berlangsung, masing-masing pembicara mendapat "serangan" pertanyaan kritis dari para peserta. Istimewanya lagi, di penghujung Diklat Paralegal LPBNU dua hari, seluruh peserta masih dimanjakan satu hari lagi untuk kegiatan traveling ke luar kota secara cuma-cuma yaitu studi religi ke makam Sunan Ampel Surabaya, makam pendiri NU KH Syaichona Cholil Bangkalan Madura, makam Sunan Bungkul, Masjid Agung Surabaya serta audensi dengan pimpinan PW LPBHNU Jatim. (*) 

Reporter   : Agus Pamuji

Foto         : Istimewa

Teks Foto : Para peserta Diklat Paralegal LPBNU tak ingin menyia-nyiakan untuk foto bersama dengan pembicara dan pengurus LPBHNU. Agus Pamuji dengan gaya khasnya saat memberikan materi Peran Jurnalis dalam Mengungkap Perkara Hukum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya