Selasa, 25 Oktober 2022

Minuman Rempah Bunga Telang Kreasi Kepsek Ruda'i dan Endah Moerniati

Harumkan Nama SMPN 1 Jember, Dibutuhkan Dukungan Pemkab Jember

Produk minuman rempah dari Bunga Telang yang memiliki banyak khasiat bermanfaat
JEMBER, KABARJATIM.CO.ID - Berawal dari hobi seorang Kepala Sekolah Ruda'i MPd, telah banyak membawa nama harum sekolah-sekolah Adiwiyata di Kabupaten Jember. Hal itu dilakukan bersama Endah Moerniati SPd.  Mereka berusaha melakukan lompatan inovasi berupa minuman rempah berkhasiat Bunga Telang yang bisa mengontrol gula darah (diabetes) bagi penderita gula darah, dan membantu kesehatan mata dan kulit. 

Minuman alami tradisional itu, juga bisa mengurangi tingkat kecemasan/stres. Hal ini dikemukakan Ruda'i kepada awak media Senin 25 Oktober 2022. Menurut Ruda'i, minuman ekstrak Bunga Telang yang mereka olah menjadi minuman itu, mengandung 'katekin' yang berfungsi membakar lemak darah dalam tubuh. 

"Bisa menurunkan tingkat kolesterol yang bisa berpotensi mengarah kepada penyakit jantung, selain itu juga Bunga Telang juga bisa mengobati asma, mengurangi kerontokan rambut," beber  Ruda'i. 

Harapan Ruda'i, dengan terealisasinya prodak minuman rempah Bunga Telang, agar segmentasi pemasaran bisa menyentuh outlet market yang berada di desa-desa, seperti Desa Sumberbaru dan sekitarnya,. 

"Apalagi Dinas-dinas di Pemda Jember merespon minuman rempah kita, dalam arti bisa membiasakan minum teh Bunga Telang yang sudah kami kemas," terangnya. 

Menurutnya lagi, keterkaitan Dinas dalam rangka menyuport produknya itu, sangat dibutuhkan oleh SMPN 1 Sumberbaru. Sementara Endah Moerniati selaku motorik yang mengkoordinir dapur SMPN 1 Sumberbaru itu juga memaparkan, selain Bunga Telang sebagai bahan dasar minuman rempahnya itu, juga terkandung unsur senyawa yang lain seperti jeruk nipis, jahe, serai, dan daun pandan sebagai aroma. Dan harapan terakhir pihak dapur SMPN 1 Sumberbaru, agar bisa meningkat dari hasil penjualan minuman rempah tersebut baik yang ada di dalam sekolah maupun yang sudah terjual di luar sekolah. (ilham/gusti) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya