Sabtu, 14 Januari 2023

Polri Wujudkan Program Sahabat Anak

Pengenalan sejak Dini agar Disiplin Berlalulintas

JOMBANG, KABARJATIM.CO.ID - Ratusan anak keliling Mapolres Jombang Polda Jatim untuk melihat ruangan kerja para pejabat kepolisian setempat dalam program Polisi Sahabat Anak. Selain itu, anak-anak usia dini dari TK Kemala Bhayangkari 88 Polres Jombang juga mewarnai gambar dalam perlombaan yang diadakan di Mapolres Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim No 62 Jombang. 

Anak-anak yang berpakaian polisi itu didampingi oleh orang tuanya, sejumlah guru dan anggota kepolisian dari berbagai Bagian dan Satuan Polres Jombang. Tampak juga Kapolres AKBP Moh Nurhidayat bersama pejabat utama Polres Jombang. Diketahui, Program Polisi Sahabat Anak ini dilaksanakan Polres Jombang dengan tujuan memberikan edukasi, pengenalan serta pendisiplinan berlalulintas kepada anak-anak sejak dini. 

"Saya sebagai orang tuanya senang, harapannya kan anak bisa lebih tahu, bukan cuma di sekolah Kemala Bhayangkari tapi juga tahu polisi seperti apa gitu," kata Mega Ayu, salah satu orangtua siswa TK Kemala Bhayangkari. 

Menurut Mega, wawasan anaknya menjadi semakin lebih luas. Dapat mengenal dunia kepolisian yang selama ini menjadi Pengayom, Pelindung dan Pelayan masyarakat. Kepala TK Kemala Bhayangkari 88 Jombang Endang Suprihatin mengaku bersyukur dengan terselenggaranya acara tersebut, yakni Polisi Sahabat Anak. Adapun acaranya yakni lomba mewarnai, pengenalan ruangan dan sarana prasarana yang digunakan kepolisian. 

"Selain lomba mewarnai, anak anak juga diajak keliling ke ruangan di Polres Jombang juga naik kendaraan patwal, anak anak senang sekali," kata Endang tersenyum. 

Tentunya, kata dia, acara tersebut sangat penting untuk menambah pengetahuan anak-anak sejak usia dini. "Mengenai profesi polisi, anak anak lebih mandiri, lebih disiplin, jika anak-anak mungkin mempunyai cita-cita polisi maka jadi lebih tahu bagaimana polisi itu ruangannya, anak-anak bisa mengenal semua," tuturnya. 

Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengatakan Polisi Sahabat Anak merupakan perintah dari Kapolri dan Kapolda Jawa Timur. Ia mengatakan kegiatan seperti itu di tahun 2023 ini akan dilaksanakan rutin setiap satu minggu. 

"Dengan sosialisasi ini dari sejak umur dini, anak-anak TK playgroup itu senang dan melihat terkait dengan profesi kepolisian. Mereka bisa melihat oh polisi ini ramah dengan anak," katanya. 

Kemudian, lanjut dia, dari pengenalan ini sejak dini merupakan investasi bagi kepolisian juga dalam menghargai. Dengan harapan bahwa mereka tidak takut atau mungkin bisa bercanda dengan polisi. "Harapannya ketika nanti dewasa mereka punya bekal bahwa bisa untuk berkomunikasi dengan kami termasuk apapun mungkin terkait dengan perkembangan dan harapan mereka mungkin cita-cita menjadi harapan menjadi seorang polisi yang baik," pungkasnya. (*) 

Reporter : Agus Pamuji 

Foto : Istimewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya