Jumat, 03 Februari 2023

Beredar Isu Penculikan Anak, Kapolres Jombang Tegaskan itu Berita Hoaks

Masyarakat Diminta Tetap Waspada

 Kapolres Jombang Moh Nurhidayat
JOMBANG, KABARJATIM.CO.ID - Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat memastikan isu penculikan anak yang banyak beredar di masyarakat adalah hoaks alias tidak benar. Meski demikian pihaknya tetap meminta jajarannya mewaspadai aksi kriminal yang cukup meresahkan tersebut. 

"Terkait isu penculikan anak yang marak di media sosial dan media online kami tegaskan bahwa sampai saat ini berita tersebut adalah hoaks dan tidak benar," tegasnya, usai melaksanakan salat Jumat, (3/2/2023). 

Sebelumnya beredar di media sosial informasi penculikan anak di Jombang, belum lama ini. Video pengeroyokan pelaku penculikan anak di Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso sempat menyebar. Dari hasil penelusuran dan konfirmasi terhadap pihak Pemerintah Desa setempat, bahwa kejadian tersebut tidak ada. Polisi pun memastikan informasi itu hoaks, baik waktu, lokasi maupun kasusnya. Karena itu, Nurhidayat meminta masyarakat tidak langsung menelan mentah-mentah informasi yang beredar lalu disebarluaskan ke media sosial. Harapannya semua informasi yang didapat dan akan disebarluaskan, dipastikan dulu kebenarannya. 

"Harapan kami dipastikan dulu kebenarannya sebelum disebarluaskan ke grup-grup media sosial maupun media online, saring sebelum sharing," tandasnya mengingatkan. 

Alumni Akpol 2002 ini menambahkan, meski sejauh ini berita kejadian penculikan anak itu tidak benar, pihaknya tetap meminta kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga kewaspadaan. "Walaupun berita itu sampai saat ini tidak benar tidak ada salahnya untuk seluruh masyarakat tetap menjaga keluarganya khususnya putra putrinya dan juga pihak sekolah memastikan untuk keamanan lingkungan," ujarnya. 

Ia menjelaskan, apabila masyarakat mendapati orang-orang yang mencurigakan di lingkungan sekitarnya, pihaknya meminta untuk segera berkoordinasi dengan pihak keamanan sekitar. "Bilamana menemukan orang-orang yang mencurigakan namun hendaknya berkoordinasi dengan keamanan lingkungan ataupun aparat Kepolisian (Bhabinkamtibmas), TNI (Babinsa) maupun pemerintah daerah," pesan Nurhidayat. 

Imbauan kamtibmas yang disampaikan oleh Kapolres ini untuk menciptakan masyarakat Jombang yang aman dan Kondusif. "Mari kita bersama-sama menjaga suasana Jombang yang aman, nyaman dan kondusif," pungkasnya. (*) 

Reporter : Agus Pamuji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya