Senin, 06 November 2023

Satu Dekade, Festival Ngopi Sepuluh Ewu 2023 Dipadati Pengunjung

 Digelar di Desa Kemiren - Banyuwangi, Kenalkan Keramahan Masyarakat Suku Osing

BANYUWANGI, KABARJATIM.CO.ID - Festival Ngopi Sepuluh Ewu kembali digelar di Desa Kemiren Kecamatan Glagah, Banyuwangi, pada Sabtu (4/11/2023) malam. Acara ini dihadiri oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melalui virtual. Dalam sambutannya, Bupati Ipuk mengapresiasi kegiatan yang sudah dimulai sejak tahun 2013 ini. Ia menilai, Festival Ngopi Sepuluh Ewu merupakan salah satu upaya untuk menggali potensi yang ada di Desa Kemiren. 

"Ngopi merupakan aktivitas sehari-hari warga Kemiren. Melalui Festival Ngopi Sepuluh Ewu yang sekarang 1 dekade ini merupakan bagian dari atraksi yang bisa dinikmati oleh wisatawan," kata Ipuk. 

Ipuk juga berharap, Festival Ngopi Sepuluh Ewu dapat menjadi sarana promosi Kemiren kepada wisatawan. Ia mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kualitas festival dari hari ke hari. Festival Ngopi Sepuluh Ewu digelar di sepanjang jalan poros Desa Kemiren. Cangkir kopi dan jajanan khas siap menyambut warga yang berkunjung ke desa adat Osing tersebut. 

Selain kopi, festival ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti lomba foto dan penampilan kesenian daerah. Ketua Panitia Festival Ngopi Sepuluh Ewu 2023, Dadang, mengungkapkan rasa syukurnya karena acara ini dapat digelar kembali setelah absen akibat pandemi Covid-19. 

"Alhamdulillah, tahun ini Festival Ngopi Sepuluh Ewu bisa digelar kembali. Ini merupakan momen yang sangat dinantikan oleh warga Kemiren," kata Dadang. 

Dadang berharap, Festival Ngopi Sepuluh Ewu dapat menjadi momentum untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kemiren. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat mengenalkan keramahan masyarakat Suku Osing kepada wisatawan. 

"Festival Ngopi Sepuluh Ewu merupakan salah satu acara tahunan yang digelar di Desa Kemiren. Acara ini bertujuan melestarikan tradisi minum kopi sekaligus mempromosikan produk kopi lokal. Festival ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari petani, tukang sangrai, barista, penikmatnya, hingga travel agen. Semua pihak berkolaborasi untuk mewujudkan festival yang sukses dan bermanfaat," pungkasnya . 

reporter  : Andika Kabar Jatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya