Minggu, 27 Maret 2022

Balawangi Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Perusakan Sesaji di Alas Purwo

Ormas Balawangi menyerukan tindak tegas pelalu perusakan sesaji
BANYUWANGI, KABARJATIM.CO.ID - Wargnet Jawa Timur dihebohkan beredarnya video viral yang memperlihatkan aksi seorang pria membanting-banting dan membuang sesaji di lokasi situs kawitan, Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Aksi pria yang belum jelas diketahui identitasnya dan apa motivasinya tersebut, sontak memicu reaksi keras dari organisasi masyarakat pembela adat dan budaya Banyuwangi (Balawangi). Dinilai sikal itu, intoleran dan mengancam keberagamaan di Kabupaten Banyuwangi. Balawangi, ormas yang memiliki ribuan anggota dan simpatisan tersebut  akan melaporkan pelaku perusakan tersebut ke Polresta Banyuwangi,  Rabu (23/3/2022). 

"Kami berharap diusut tuntas, dicari apa motivasinya dan ditindak tegas pelakunya, karena toleransi antarumat beragama di Banyuwangi harus tetap terjaga dan terbangun selama-lamanya," ucap Agus Setyawan selaku Ketua Umum Balawangi. 

Agus menegaskan, tindakan pria membanting-banting dan membuang sesaji di situs kawitan lokasi Alas Purwo, dinilai merusak hubungan antarumat beragama di Banyuwangi yang selama ini sangat harmonis. 

Ia menginginkan, aparat kepolisian serius menangani kasus ini, tak cukup selesai dimediasi dan permintaan maaf dari yang bersangkutan, namun proses hukum harus tetap berjalan,aAgar kasus serupa tidak terulang d ikemudian hari. Ia juga mengimbau jajaran pengurus, seluruh anggota dan simpatisan Balawangi untuk tetap tenang dan turut menjaga kondusivitas keamanan di wilayah Kabupaten Banyuwangi. (*/time)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya