Sabtu, 22 April 2023

Kapolda Jatim Pantau Arus Mudik di Jombang : Tak Ada Kemacetan

JOMBANG, KABARJATIM.CO.ID - Kapolda Jatim Irjenpol Toni Harmanto mengecek langsung pengamanan arus mudik di Jombang. Dari hasil pengecekan itu, orang nomer satu di jajaran kepolisian Jawa Timur itu tidak menemukan adanya kemacetan. Irjenpol Toni tiba di Pos Pelayanan (Posyan) SPBU Gondangmanis Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang siang tadi pukul 12.20 WIB. Ia didampingi Pangdam V Brawijaya, PJU Polda Jatim dan Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat. 

Setibanya di lokasi, ia langsung menyapa anggota yang bertugas. Setelah itu, Kapolda menuju ke dalam Posyan untuk berdialog dengan Kapolres Jombang tentang kondisi arus mudik di kota santri. Selesai menerima laporan dari AKBP Nurhidayat, Kapolda lantas membagikan bantuan paket sembako ke para warga dan relawan yang bertugas. Irjen Toni mengatakan, dirinya sudah memantau sejumlah tempat yang ditandai di Jatim sejak H-2 lebaran atau tanggal 20 April 2023. Seperti pelabuhan, bandara dan terminal hingga jalan arteri. Di arteri, salah satunya ia cek adalah Jalan Raya Bandar Kedungmulyo hingga Simpang 4 Mengkreng. 

"Sejak tanggal 20 kita tandai beberapa tempat. Kalau melihat di pelabuhan laut, terminal dan bandar udara. Mereka yang masuk waktunya berbeda-beda, baik yang masuk maupun keluar. Tapi beberapa hari ini alhamdulillah semua berjalan lancar, tidak ada hal-hal yang dilaporkan adanya kemacetan maupun kecelakaan," ujarnya kepada wartawan di lokasi, Jumat (21/4/2023). 

Berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan Polda Jatim, pada jalur mudik lebaran. Memang terdapat titik-titik rawan macet. Namun sejumlah strategi sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi hal tersebut. 

"Insyaallah ini semua bisa teratasi semua kepadatan ya. Kita berharap betul, dan disadari juga oleh para pemudik sendiri dan mereka yang akan bersilaturahmi antarkota juga bisa mematuhi peraturan lalulintas, dan bisa terjaga, tidak ada kemacetan,” terangnya. 

Meski tidak ada kemacetan, lanjut Toni, pihaknya terus berkonsentrasi pada pengamanan semua jalur mudik di Jatim. Tidak hanya arus balik, ia juga akan mewaspadai H+1 yang biasanya dimanfaatkan pemudik untuk berwisata. Selain itu, puncak arus balik yang diprediksi pada akhir cuti bersama juga menjadi perhatiannya. Oleh sebab itu, Petugas yang di lapangan sudah menyiapkan pola-pola penanganan bila terjadi kemacetan. Salah satunya tim urai yang dimiliki Satlantas Polres Jombang, yaitu Brigade Motor Wanita (BMW) yang beranggotakan Polisi Wanita (Polwan). 

"Ini salah satunya ada tim urai, polwan ya. Jadi mereka yang datang bisa mengatasi kemacetan dan mengurai masalah kecelakaan dan sebagainya," pungkasnya.(*) 

Reporter  : Agus Pamuji 

Foto         : Istimewa 

Teks foto : Kapolda Jatim Irjen Toni Hermanto bersama Pangdam Jatim meninjau langsung arus kendaraan di wilayah Jombang, tampak berjalan lancar dan kondusif 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Space Available

Jadwal Penerbangan Bandara Juanda Surabaya